Pengalaman Pembelajaran Daring dalam Mata Kuliah Information Technology Multimedia (ITM)
Pembelajaran daring berkembang atas dasar teknologi
yang semakin berkembang dari waktu ke waktu. Pengajaran yang terkesan
konvensional mengakibatkan mahasiswa sedikit mengalami kesulitan dalam
pemahaman materi yang diberikan dosen, diantaranya yaitu mahasiswa seringkali
kurang berkonsentrasi dan merasa ngantuk apabila membaca buku secara terus
menerus. Berawal dari hal tersebut, pembelajaran during digunakan dengan
menggunakan aplikasi edmodo untuk mempermudah proses pembelajaran pada mata
kuliah ITM. Dengan edmodo, mahasiswa hanya perlu memantau tugas dari rumah dan
tidak perlu masuk ke kelas lagi. Mahasiswa hanya perlu melakukan presensi dan
bisa mengumpulkan tugas lewat online. Hal ini tentu lebih memdudahkan mahasiswa
dalam mengerjakan tugas dengan efektif dan efisien.
Banyak sekali
yang dipelajari dalam mata kuliah ITM ini, mulai dari membuat web blog melalui
blogger, memperindah tampilan blog, membuat artikel, melampirkan file atau link
di dalam blog, membuat quiz online dengan google form, cara memperpendek link
dengan S.id, custome link dengan bit.ly dan membuat media pembelajaran
menggunakan ppt yang kemudian dijadikan aplikasi berbasis android. Mahasiswa
sangat terkesan dengan tugas dan deadline
yang diberikan oleh pak Andy selaku dosen mata kuliah ITM. Mahasiswa sering
was-was jika tugas mereka tidak bisa di buka oleh dosen. Itulah yang mahasiswa
alami ketika sudah selesai mengumpulkan link di edmodo. Akan tetapi, hal itu
dapat melatih ketelitian mahasiswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
Materi yang
paling dianggap susah dalam mata kuliah ini adalah membuat aplikasi berbasis
android tentang media pembelajaran. Hal ini dikarenakan ada banyak langkah yang
harus dilewati mulai dari membuat ppt dan quiz terlebih dahulu dengan aplikasi iSpring, lalu dipublish dan digenerate
melalui aplikasi website 2 apk builder.
Langkah yang paling menyulitkan disini adalah saat men-generate menjadi sebuah
aplikasi berbasis android. Karena terkadang tidak mau digenerate file nya atau
ada PC yang tidak support dengan aplikasi website
2 apk builder ini. Hal ini yang kadang menjadi kejengkelan para mahasiswa,
mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berhasil menyelesaikan tugas
ini. Disamping itu, dosen tidak mencontohkan secara detail. Dosen hanya memberi
materi di edmodo tanpa dijelaskan, sehingga mahasiswa menjadi bingung bagaimana
cara mengerjakannya. Akan tetapi ada sisi positifnya, yaitu kita dilatih untuk
belajar mandiri. Dengan bagini mahasiswa akan terbiasa tidak menggantungkan orang
lain.
Selama satu
semester menempuh mata kuliah ini, banyak sekali manfaat yang mahasiswa
dapatkan. Mahasiswa mendapat ilmu tentang teknologi multimedia yang akan
dijadikan bekal esok ketika lulus kuliah. Dari sini, mahasiswa menjadi sadar
betapa pentingnya teknologi multimedia bagi pembelajaran. Apalagi sekarang ini
kita sudah berada di jaman digitalisasi yang menuntut manusia mau tidak mau
harus menggunakan segala sesuatu serba digital.
Untuk itu dosen ITM kami mengajarkan kami berbagai teknologi multimedia
yang dapat di aplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar dan kegiatan sehari –
hari.
Dengan
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa menjadi melek teknologi. Yang semula
mahasiswa tidak begitu paham akan teknologi, begitu mengikuti mata kuliah ini
menjadi lebih terbuka lagi wawasan tentang teknologi multimedia. Selain itu,
mahasiswa juga disadarkan bahwa teknologi multimedia sangatlah penting guna
menunjang pembelajaran. Akibat pengembangan multimedia tersebut, diharapkan
mahasiswa dapat termotivasi dalam memahami materi karena pembelajaran
disampaikan secara interaktif dan menyenangkan, juga sebagai alat bantu dalam
proses pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif dan
efisien sehingga akan terjadi peningkatan kualitas dalam pembelajaran.
0 Response to "Pengalaman Pembelajaran Daring dalam Mata Kuliah Information Technology Multimedia (ITM)"
Posting Komentar